Benarkah Everest bukan Gunung tertinggi di Dunia???

Mungkin kebanyakan orang sudah tau bahwa Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Pendaki dari seluruh penjuru dunia berlomba-lomba mendaki Everest untuk meraih gelar ‘Penakluk puncak tertinggi di dunia’ yang sangat prestisius. Hal ini sangat masuk akal karena dari daftar yang di keluarkan tentang daftar gunung tertinggi di dunia maka kita akan menemukan dan mendapatkan gunung everest sebagai gunung tertinggi di dunia.

Puncak Gunung Everest berada di ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Dan gunung ini masih aktif tumbuh paling banyak 1 cm tiap tahunnya, hal ini karena ”desakan” lempeng bumi India kepada lempeng Asia.

Gunung Everest

 

Meski demikian, tahukah Anda sebenarnya gunung Everest bukanlah gunung yang paling tinggi di Bumi???? (NAh lo kok bisa, padahal dah banyak sumber dan dari sekolah pun sudah jelas bahwa Gunung everest adalah tertinggi di dunia).

Sebenarnya Gunung Mauna Kea dan Gunung Chimborazo mempunyai ketinggian yang lebih tinggi di banding Gunung everest.  Gunung Mauna Kea adalah gunung yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat memiliki ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini jauh lebih rendah dari gunung Everest.

Gunung Mauna Kea

 

Akan tetapi, Mauna Kea sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Dan jika diukur dari kaki gunung, secara total, tinggi Mauna Kea lebih dari 10 ribu meter. Bandingkan dengan gunung Everest yang hanya 8.848 meter dari kaki ke puncaknya.

Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), beda sedikit dari Gunung Everest, namun memiliki perbedaan Chimborazo menjadi gunung tertinggi di atas pusat bumi. bentuk bumi kita tidaklah bulat seperti bola, namun ”agak menonjol keluar” di bagian khatulistiwa (disebut juga ellipsoid). Jika kamu ukur garis tengah “lingkaran” yang menghubungkan kutub utara dan selatan, lalu dibandingan dengan garis tengah “sabuk” khatulistiwa, maka garis tengah alias diameter pada “lintang” khatulistiwa lebih besar 21 km dibandingkan diameter lingkaran “bujur” tersebut.Chimborazo hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan pada lokasi itu adalah 6.384 kilometer dari pusat Bumi atau sekitar 2 kilometer lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan Gunung Everest.

Gunung Chimborazo

 

Dan pertanyaanya kapankah saya bisa mencapai puncak ketiga gunung tersebut??? semoga suatu saat bisa tercapai..

 

 

Perhatian ! Copy paste boleh, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: