Monster Air Tawar, Arapaima Gigas

Wow ikan monster air tawar…..

Masih banyak orang yang belum kenal dengan ini ikan. Sekedar pengantar  “Saya sendiri punya pengalaman sekitar 2 mingguan  dengan ni ikan. Merawat kolam, memberikan pakan dan     bahkan menguras kolamnya. Teknik dalam menguras kolam pun cukup unik dengan menggunakan batang bambu untuk memindahkan ikan dari satu bagian kolam ke bagian lainya.

Arapaimapirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Ikan ini hanya di temukan di sungai amazon dan termasuk jenis ikan yang dilindungi. Arapaima gigas juga ditemukan pada berbagai tipe habitat, seperti danau dataran banjir di wilayah ini, sungai besar sungai Amazon termasuk Madera Rio dan Rio Machado, dan varzea atau hutan. Sebagian besar air habitat ni ikan juga kekurangan oksigen, karena terletak di daerah rawa hutan hujan.

Reproduksi ikan ini terpengaruh oleh banjir musiman yang terjadi. Ikan ini meletakkan telurnya selama bulan Februari, Maret, dan April ketika tingkat air rendah. Ikan dewasa memancarkan feromon untuk menjaga anak2 nya agar berada di dekat mereka.

Ikan ini adalah ikan predator ikan lainya. Pada saat kekurangan oksigen akibat aiir menyusut, arapaima akan langsung menghirup lewat atmosfer.  Untuk itu setiap 10-20 menit mendekat atau muncul kebagian atas. Namun  ketika air dilingkungan kering, ia akan menggulungkan diri membentuk bola, dan membenamkan diri dalam lubang sampai air kembali datang.

Di indonesia sendiri sudah banyak yang memelihara ikan ini dan mudah di jumpai di tempat2 konservasi satwa air….

(Sumber: animaldiversity.ummz.umich.edu, wikipedia )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: