Jangan Berikan Coklat Pada Anjing Kesayangan, Berbahaya!!!!

Bagi kita manusia , coklat merupakan makanan yang sangat lezat , mengasyikan dan hamper tidak bermasalah pada kesehatan kita. Paling-paling hanya menambah berat badan dan merusak gigi.

Tetapi bagi anjing peliharaan kita, ternyata coklat sangat berbahaya karena zat yang terkandung didalamnya. Coklat mengandung zat kafein dan zat theobromine. zat theobromine ternyata zat yang sangat beracun untuk anjing kesayangan kita. Banyak orang meremehkan dan tetap memberikan coklat sebagai snack pada anjing peliharaannya. Mereka biasanya bilang, anjing saya sudah terbiasa dan sangat doyan dengan coklat , tetapi tidak pernah ada masalah???. Padahal , setiap tahun khususnya di Amerika banyak kasus kematian anjing yang dilaporkan yang disebabkan oleh coklat.

Gb1. Anjing

Gb2. Coklat

Tapi sebagai catatan tidak semua coklat memiliki kadar zat Theobromine yang sama, disini akan diurutkan coklat yang memiliki zat Theobromine mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi coklat yang mengandung zat Theobromine :

1.      Coklat putih

2.      Coklat cair (berasal dari bubuk)

3.      Coklat susu

4.      Coklat mentah

5.      Bubuk coklat

6.      Biji coklat

Dilihat dari urutan maka biji coklat yang paling beracun, walaupun anjing sangat menikmati makanan yang kita berikan, tapi jangan coklat  karena dapat membuat mereka sakit hingga akibat yang fatal, jadi jangan pernah sekalipun memberikan coklat sebagai cemilan, kecuali memang telah diformulasikan buat anjing.

Anjing yang keracunan coklat terserang sakit perut yang luar biasa dan biasanya disertai dengan muntah darah. Muntahannya biasanya berbau coklat. Kemudian anjing akan mengeluarkan cairan liur yang berlebihan, gelisah, dan sulit untuk berdiri atau berjalan karena tubuh terasa kaku dan kejang. Rasa haus akan meningkat padahal air liur terus keluar, anjing akan minum terus sampai kemudian muntah lagi.

Kalau tidak segera diberi pertolongan, keadaan anjing akan menjadi lebih parah lagi seperti meningkatnya pernafasan, tremor otot, tubuh kaku, air kencing mengandung darah, gusi membiru, kejang-jkejang, dan akhirnya mati.

Biasanya, dokter hewan kalau melihat gejala-gejala tersebut kebanyakan memvonis anjing terkena penyakit distemper syaraf atau parvo karena gejalanya hampir sama. Nah, di Indonesia jarang sekali dilaporkan anjing mati karena serangan racun coklat tetapi lebih sering dilaporkan karena serangan distemper syaraf, parvo atau keracunan obat serangga.

Tidak ada obat yang bisa menawarkan racun coklat. Biasanya oleh dokter anjing hanya diinfus dan diberi tambahan oksigen agar anjing dapat bertahan sampai racun coklat tersebut hilang dengan sendirinya..

Nah, kalau sudah tahu bahwa coklat ternyata sangat berbahaya buat anjing, dari sekarang hentikan kebiasaan memberi coklat pada anjing kita.

Note: Jumlah dan jenis coklat yang dimakan dan tingkat toleransi pada anjing juga menentukan . Tapi, untuk membunuh seekor anjing yang beratnya sekitar 10 Kg dibutuhkan rata-rata 250 gram coklat saja.

Bahan makanan lain yang cukup aman dikonsumsi manusia namun lethal untuk anjing adalah buah anggur (grape) dan kismis (raisin). Dalam jumlah yang sangat kecil anggur dan kismis ini sekali-kali dapat diberikan kepada anjing, namun dalam jumlah besar dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal dengan gejala-gejala muntah,diare, tidak mau makan, lesu (lethargy). Sama seperti pada keracunan coklat tindakan medis yang dilakukan adalah dengan bilas lambung (gastric lavage) dan pemberian norit (activated charcoal). Yang juga perlu diketahui adalah bahwa bawang bombai (onion) dan bawang putih (garlic) juga merupakan ’pantangan’ untuk diberikan kepada anjing. Tentu dalam jumlah yang kecil (seperti yang sering dibubuhkan pada dog food) masih dapat ditoleransi oleh anjing, namun dalam takaran besar sulfoxides dan disulfides yang terkandung pada bawang ini dapat mengakibatkan anemia (kerusakan sel darah merah), kerusakan hati, alergi dan penyakit kulit.

Demikian pula bahan pemanis buatan (artificial sweetener) yang kita kenal dengan xylitol sebaiknya tidak diberikan pada anjing peliharaan anda. Xylitol ini banyak dipakai untuk pemanis pada permen karet, kembang gula dan sejumlah makanan. Xylitol ini bersifat toksik melalui beberapa cara antara lain dia menyebabkan hypoglycemia (penurunan gula darah), keracunan pada hati (liver) dan berlanjut dengan gagal hati akut dan perdarahan. Lima butir saja permen karet (gum) yang dimakan oleh anjing dapat mengakibatkan gagal hati pada anjing dengan berat badan 5 kilogram (anjing kecil).Gejala yang nampak pada keracunan xylitol antara lain muntah, depresi, tidak mau makan, kekuningan pada gusi dan bola mata, dan perdarahan.

Diketahui pula bahwa ikan mentah (raw fish) dapat menyebabkan defisiensi vitamin B (thiamine) yang mengakibatkan hilangnya selera makan, kejang-kejang dan dalam beberapa kasus kematian.

Untuk itulah kita perlu mewaspadai makanan-makanan di atas agar terhindar dari kesedihan ditinggal oleh anjing kesayangan untuk selama-lamanya.

Sumber: (sosbud.kompasiana.com, anjingbagus.com, anjingkita.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: