Morning Glory, Fenomena Awan misterius dari Australia

Satu lagi fenomena alam yang menarik untuk diketahui, awan yang mempunyai bentuk unik dan ditemukan di Australia yang biasa disebut dengan “Morning glory”. Awan Morning Glory merupakan fenomena meteorologi yg langka kadang-kadang terlihat di lokasi yg berbeda di seluruh dunia. Bagian selatan Australia ada lokasi yg bernama Teluk Carpentaria adalah satu-satunya lokasi dimana awan Morning Glory bisa diprediksi kemunculannya dan dpt diamati dlm basis yg lebih atau kurang teratur.Pemukiman di Burketown membuat para pilot glider ingin berselancar diatasnya.

Awan Morning Glory dpt sering diamati di Burketown pd bulan September sampai pertengahan November, ketika kesempatan untuk melihatnya di pagi hari sebesar 40%.Awan Morning Glory dpt mencapai panjang hingga 1000KM, dgn tinggi 1 sampai 2 KM, dan seringkali hanya 100 sampai 200 meter diatas tanah dan dpt berjalan dgn kecepatan sampai 60 KM per jam.

Kadang-kadang terlihat hanya ada satu awan saja, tapi bukan tdk mungkin jika kadang-kadang terdapat 8 awan sekaligus.

Para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti bagaimana awan indah ini bisa terbentuk ( Apa lagi saya?? ckckckkc) . Namun sebagian orang percaya kalau awan ini mungkin terbentuk akibat tiupan angin laut dari barat yang lebih kuat dan hangat dibandingkan angin timur. Ketika angin barat ini menggulung angin timur, terbentuklah awan Morning Glory.

Meskipun awan ini paling sering terlihat di Australia, tetapi di negara lain juga pernah muncul kejadian ini (Silahkan Cek)

About these ads

2 Responses

  1. Pengen banget liat morning glory dari dulu…kapan yah bisa liat secara langsung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: