Kawasan Perlindungan Laut Dan Terumbu Karang Terbesar Di Dunia Yang Eksotis

Mungkin kita sudah tau bahwa indonesia termasuk salah satu negara kepulauan dan yang mempunyai wilayah air terbesar di dunia. Dengan itu semua tentu saja menjadikan Indonesia negara yang kaya akan ekosistem lautnya, terlebih lagi letak indonesia di jalur trumbu karang dunia. Namun kita lupakan sejenak tentang itu, untuk itu saya akan membahas tentang Republik kiribati dan PIPA (Phoenix Island Protected Area)-nya.

Republik Kiribati adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Pulau Phoniex yang memiliki luas 408.250 km2 (157.626 mil persegi) merupakan kawasan lindung laut dan upaya konservasi laut terbesar berdeasarkan jenis fauna laut yang terdapat di dalamnya oleh Least Developed Country (LDC).

Kiribati pertama dinyatakan menjadi PIPA (Phoenix Island Protected Area) pada Konvensi Keanekaragaman Hayati di Brazil tahun 2006. Pada tanggal 30 Januari 2008, Kiribati menjadi kawasan perlindungan laut terbesar di dunia. PIPA mencakup delapan atoll (pulau dari coral) dan pulau-pulau terumbu karang yang terdaat di beberapa pulau di Kirbati antara lain pulau Phoenix, Rawaki, Enderbury, Nikumaroro, McKean, Manra, Birnie, Kanton dan Orona. PIPA juga terdapat dua tempat terumbu karang bawah laut yaitu, Carondelet Reef dan Reef Winslow, yang man Carondelet Reef kedalamannya 3 sampai 4 meter di bawah air pada saat air surut. Diperkirakan bahwa mungkin ada lebih dari 30 seamounts (gunung yang muncul dari bawah laut tetapi tidak melewati batas air laut) dalam kawasan PIPA meskipun sampai saat ini hanya sembilan telah diberi nama, sebagian besar dari wilayah PIPA terdiri dari dasar laut dengan tinggi air rata-rata lebih dari 4.000 meter (2,5 mil) maksimum pada 6.147 meter dari dasar laut.

Kiribati termasuk di antara negara termiskin dunia. Mereka memiliki sedikit sumber alam selain ikan dan kopra, daging kelapa kering. Bagaimanapun, mereka memiliki beberapa batu karang paling alami dan stok ikan tersehat (belum ada polusi laut). Wilayah Pulau Phoenix (Phoenix Islands Protected Area / PIPA) yang menjadi kawasan pelindungan laut dan terumbu karang terluas di dunia memiliki luas 408.250 kilometer persegi, merupakan tempat bagi ikan, biota laut lain serta burung dengan habitat di samudra pasifik untuk tinggal

Kepulauan Phoenix Protected Area (PIPA) menjaga kelestarikan salah satu ekosistem yang paling langka di dunia dengan delapan atoll (pulau dari coral) yang juga hanya tinggal beberapa tempat di dunia yang memilikinya. Sebagian besar kepulauan di sana hampir tanpa penghuni dengan kehidupan laut dan burung yang berlimpah.

Kepulauan Phoenix merupakan rute migrasi yang sangat penting bagi kehidupan laut dan burung. Tiga ekspedisi penelitian NEAq sejak tahun 2000 telah menemukan 120 spesies karang dan 520 spesies ikan baru untuk ilmu pengetahuan, juga di kepualuan ini terdapat burung laut yang langka di Samudera Pasifik. Menurt peneliti dari NEAq: Kita sering mendengar kawasan lindung tetapi tidak benar-benar berpikir tentang apa artinya. Dalam kasus Kiribati, mereka membatasi penangkapan ikan komersial sementara sedangakan membolehkan satu pulau yaitu pulau Kanton yang merupakan satu-satunya pulau berpenghuni untuk mengembangkan perikanannya.

Berikut adalah gambar alam laut PIPA….. Selamat menikmati……

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Nah Sekarang ketika sebuah negara kecil atau pulau mungil lakukan pengorbanan besar, akankah seluruh dunia melakukan yang sama????? “

kalo belum , sebelum terlambat mari kita mulai dari diri kita sendiri dulu. Apakah yang sudah kita berikan untuk kelestarian alam sekeliling kita?? Kita harus melakukan pengorbanan untuk menyediakan masa depan bagi anak-anak dan cucu-cucu kita.

 

Sumber: (Lintas berita, wikipedia, Phoenix island)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: